Adil / Keadilan

Adil / Keadilan

1. Definisi adil adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya.
Definisi Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang.
Definisi menurut saya adil adalah suatu turan-aturan yang berlaku didalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan definisi keadilan adalah Pada dasarnya Islam mengajarkan umatnya untuk menegakkan keadilan, menjunjung tinggi keadilan. Seperti halnya yang dilakukan Rasulullah SAW untuk senantiasa menegakkan keadilan kepada umatnya.

2. Contoh Kasus :
Ada 2 jenis orang pencuri misalnya, seorang pencuri sedang melakukan aksinya yaitu mencuri ayam. Ia mencuri karena terdesak dengan kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi, dan pencuri tersebut tertangkap masa dan dihakimi oleh warga. Pencuri kedua yaitu seorang pejabat tinggi melakukan korupsi dan sekarang masalahnya sedang ditangani oleh polisi, tetapi pejabat tersebut masih terlihat santai dan bebas berkeliaran.
Pertanyaannya :
Apakah masih terdapat keadilan di Negara ini hanya karena perbedaaan miskin dan kaya. Dimanakah keadilan di Negara ini?
3. Analisis
Bagi mereka yang menggap ini adalah suatu keadilan seharusnya seorang pencuri tetap dihukum sama rata, karena di Negara kita ini banyak terjadi kasus tidak adil dan manipulasi. Bahkan seorang tahanan didalam penjara bisa mudah saja keluar masuk penjara. Bagaimana seorang perasaan keluarga pencuri yang meninggal hanya karena dihakimi masa. Sedangkan tempat tahanan saja sekarang bisa dibeli dengan uang.

Mari kita berpikir sejenak, buka cakrawala berpikir kita,.. dan katakan bahwa sebenarnya ADIL bukan hanya sekedar tidak memihak, bukan cuma sama rata, tetapi ada banyak hal-hal yang menyangkut didalamnya. Misalnya Hak, Kewajiban, Aturan atau Ketentuan adalah faktor yang harus dipenuhi untuk melahirkan suatu SIKAP ADIL.!..

Oleh karena itu seharusnya Keadilan di Negara ini harus ditegakkan, Negara in adalah Negara hokum tetapi tidak berjalan dengan sesuai hokum yang ada. Semakin memiliki kekayaan maka ia semakin berkuasa dan yang terindas tetap rakyat kecil. Pemerintah harus membenahi keadilan hokum di Negara ini.

Jadi menurut saya adil itu adalah suatu perbuatan atau aturan-aturan yang terdapat didalam kehidupan sehari-hari dan akan mendapatkan ganjaran yang sama. Jadi, hal yang sangat menentukan Adil tidaknya sebuah tindakan bukanlah jumlah objeknya melainkan aturan dan ketentuan. Adil bukannya terjadi karena suatu perbandingan, adil bisa terjadi tanpa perbandingan sekalipun karena inti keadilan adalahaturan, ketentuan, norma, hak dan kewajiban.ari dan ganjaran yang sama rata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: