Meresensi Naskah

Meresensi Naskah (artikel)

1. Data Publikasi
a. Judul : Nasib pilu para TKW kita
b. Penulis : Ririn Risma
c. Penerbit : Majalah Kartini
d. No/tgl : 2296/ 19 mei-02 juni 2011
e. No halaman : 54-57
f. Tema : Aktual

2. Ringkasan
Sebanyak 2.349 tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi yang sebagian bermasalah dijemput pulang ke Indonesia menggunakan Kapal Motor Labobar. Mereka toba di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta beberapa waktu lalu. Dari sejumlah itu, tercatat 123 perempuan hamil dan membawa 96 bayi dengan wajah ‘mirip-mirip’.

3. Keunggulan
Banyak sekali warga Indonesia mencari uang di Negara orang, memang di Negara lain jauh lebih besar penghasilannya dibandingkan di Indonesia. Bisa saja para TKW di Indonesia menikah dengan orang asing dan memiliki keturunan beda Negara. Selain itu para TKW juga membantu untuk menghidupi sanak saudara dikampung halamannya. Maka dari itu mereka berjuang di Negara orang untuk mencari uang.

4. Kelemahan
Para TKW yang pulang ke Indonesia banyak yang hamil bahkan ada yang melahirkan pada saat dijalan menuju ke Indonesia. Banyak berbagai macam tudingan negatif dari orang-orang para TKW membawa anak dan hamil diluar nikah atau seperti tuduhan hasil hubungan gelap dan korban pelecehan seksual. Memang,mungkin saja itu terjadi. Tetapi tidak semuanya itu terjadi. Seharusnya pemerintah di Indonesia bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup sehingga tidak ada lagi para TKW yang bekerja di Negara orang dan diperlakukan tidak wajar oleh majikannya.

5. Pendapat akhir / salam
Sampai sejauh ini kemenakertrans belum berencana menghentikan pengiriman TKW ke Arab Saudi. Kami mencoba cara lain memberikan bimbingan wirausaha di tempat asalnya, agar mereka tidak ingin lagi menjadi TKW. “jelas Suhartono.
Sementara itu Yoyoh Yusroh, anggota komisi DPR RI yang membidangi TKI mengatakan,menyikapi banyaknya TKW yang hamil, penyelesaian yang tepat ialah penghentian sementara pengiriman tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus sampai ada aturan yang jelas untuk perlindungan dan kesejahteraan bagi mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: